Home » » Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Corona Virus (Covid-19)

Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Corona Virus (Covid-19)

Posted by Bojonegoro on Selasa, 17 Maret 2020


Bojonegoro - Bertempat di Jalan MH Thamrin No.82 A Balai Desa Kauman Kecamatan Bojonegoro telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan Corona Virus Desease (Covid-19), Selasa 17/03/2020. 

Hadir dalam kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan Corona Virus Desease (Covid-19) diantaranya, Kepala Desa Kauman Bojonegoro beserta seluruh perangkat desa, ketua BPD beserta anggotanya, Babinsa Desa Kauman Bojonegoro, Babinkamtibmas Desa Kauman Bojonegoro, Ketua Rukun Warga (RW), Ketua Rukun Tetangga (RT.01 s.d. RT.12), Danton Linmas, Karang Taruna, Ketua Penggerak PKK, Lembaga Kemasyarakatan Desa, Ketua BUMDes Berkah Bersama, Bidan Desa, Tokoh Agama, dan perwakilan Tokoh Masyarakat. 



Kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala Desa Kauman Bojonegoro dengan menghadirkan narasumber dari tenaga kesehatan Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro beliau ibu dr. Erni. Banyak sekali paparan mengenai upaya pencegahan dan penanganan corona virus desease (Covid-19) yang beliau sampaikan. Selain itu disampaikan juga upaya dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam menyikapi wabah Covid-19 yang berstatus darurat bencana penyakit akibat virus korona di Indonesia. dr Erni menghimbau sekaligus mengajak kepada seluruh warga Desa Kauman supaya tidak panik dengan Covid-19 dan tidak ikut menyebarkan informasi-informasi terkait Covid-19 yang belum tahu kebenarannya. 

Himbauan Bupati Bojonegoro Agar Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada Terhadap Virus Corona

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro sudah melakukan upaya bersama Dinas Kesehatan Bojonegoro dengan melakukan antara lain menyebarkan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait virus corona melalui puskesmas, siaran radio dan media masa. Selain itu, RSUD dr R Sosodoro Djatikoesoemo telah menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien Corona.

Virus Corona merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal. Penyakit infeksi ini penyebarannya berawal dari Wuhan China. Virus Corona merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Virus ini ditandai dengan gejala demam 38 derajat celsius, batuk, pilek, sakit tenggorokan, lemah, lesu, dan sesak nafas akibat pernah berkontak dengan pasien Covid-19. 

Faktor risiko atau kondisi tertentu dalam menentukan kemungkinan terinfeksi Covid-19 diantaranya memiliki riwayat perjalanan atau kontak dengan orang telah bepergian ke negara atau daerah yang terjangkit dalam waktu 14 hari dan petugas kesehatan yang sakit dengan gejala yang sama setelah merawat pasien Covid-19.

dr Erni juga menghimbau sekaligus mengajak warga desa Kauman untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Cuci tangan sesering mungkin. Selesai melakukan aktivitas untuk selalu mencuci tangan. Tunda perjalanan dan mengurangi mobilitas keluar rumah. Kepada orang tua agar memantau dan mengawasi putra/putrinya agar tidak keluar rumah. Libur sekolah 14 hari lamanya agar tetap dirumah mengandung maksud untuk menghentikan laju penularan Covid-19. 

Praktik 6 langkah mencuci tangan dengan benar (peraga bidan Desa Kuaman Bojonegoro dan Babinkamtibmas Desa Kauman Bojonegoro)

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger